Kupas Audio Kia All New Picanto


Jakarta, BosMobil.com – Sebelumnya kami pernah me-review KIA All New Picanto. Mobil yang belum lama ini diluncurkan oleh PT. KIA Mobil Indonesia mengalami perubahan total pada semua sektor dan mempunyai tampang yang lebih berani. Tidak ada salahnya untuk mengupas lebih dalam All New Picanto pada sektor audionya.

Kupas Audio KIA All New Picanto

KIA All New Picanto menggunakan head unit Kenwood KDC-U449 yang memiliki berbagai fitur menarik seperti bisa memutar piringan CD, dan dapat memainkan lagu dari USB Flashdisk bahkan iPod. Untuk pengeras suaranya menggunakan speaker berdiameter 4 inci yang terletak di atas dasbor dan 5 inci pada doortrim pintu belakang.

Kupas Audio KIA All New Picanto

Kali ini kami meminta bantuan kepada Eddie Soesanto dari Cartens Autosound untuk menguji kemampuan kualitas standar audio pada All New Picanto. Dengan menggunakan beberapa CD andalannya, hasilnya adalah, “Overall sih oke Kupas Audio KIA All New Picantoya. Hasil suara yang lumayan karena speaker terletak di atas dasbor sehingga suara vocal terasa. Tetapi suara bass tidak terasa sehingga tidak cocok untuk mendengarkan lagu yang membutuhkan bass lebih, seperti RnB.” buka Eddie. Menurut pria berambut panjang ini, audio standar All New Picanto lebih cocok untuk mendengarkan lagu yang berkarakter slow.

Kupas Audio KIA All New Picanto

Sepertinya memang sudah cukup untuk masalah kualitas suara yang dihasilkan, tetapi tidak haram jika dibuat untuk lebih dari cukup. Eddie memberikan beberapa tips yang bersahabat untuk kantong. Menurutnya, “Head unit Kenwood KDC-U449 bisa dipertahankan karena sudah mempunyai fitur equalizer, dan juga sudah dilengkapi dengan fitur USB.” ucap pria yang memiliki workshop audio di Jakarta Selatan.

Untuk speaker, Eddie menyarankan agar cukup digantikan dengan yang sejenis agar tidak merubah dudukan. “Karena speaker depan menggunakan 4 inci, menurut saya lebih baik menggunakan speaker 4 inci coaxial juga yang kualitasnya cukup bagus, sehingga suara nyaman untuk didengar.” ucap pria yang ramah. Untuk speaker belakang juga Kupas Audio KIA All New Picantotidak haram untuk diganti. “Dengan ukuran 5 inci maka diganti juga dengan ukuran 5 inci coaxial yang banyak tersedia di pasaran, tetapi saya menyarankan agar pintu belakang dilapisi peredam terlebih dahulu, sehingga speaker dapat menghasilkan suara bass yang cukup lumayan.” ucapnya. Dengan langkah tersebut maka kualitas suara sudah meningkat jauh.

Agar suara bass lebih enak lagi, Eddie menyarankan untuk menggunakan sebuah bass tube yang bisa diletakkan di kolong jok depan sehingga suara bass lebih terasa di depan. Jika ingin lebih bertenaga, Eddie juga mengilhami pemakaian power amplifier dan subwoofer. “Power bisa diletakkan di bawah jok depan, kemudian subwoofer bisa diletakkan di bagasi dengan menggunakan box fiber sehingga ban serep tidak terganggu.” tutupnya.

Leave a comment

Leave a comment